Apakah Memarahi Murid Membatalkan Puasa?

  • 1 min read
  • May 31, 2018

Saya bekerja sebagai seorang guru, dan terkadang saya terpaksa untuk memukul dan memarahi para murid, karena semua guru jugu melakukan hal tersebut.

Saya telah berusaha untuk tidak melakukan hal itu, akan tetapi pada suatu hari hal itu terjadi, apakah puasa batal karena sebab memukul, mencela, dan memarahi?

Dan apakah Anda menyarankan saya untuk meninggalkan profesi ini, karena mempengaruhi ibadahku kepada Allah karena menyesal setelah memukul dan memarahi muridku? Perlu diketahui, saya khawatir ibuku kecewa jika meninggalkan pekerjaan ini.

Jawaban:

Pertama:

Pukulan dan celaan tidak termasuk dalam pembatal puasa, walaupun hal tersebut didorong oleh permusuhan. Maka bagaimana lagi ketika pukulan dan celaan tersebut dengan tujuan mendidik, mengajar, dan mengarahkan? Tentu tidak diragukan bahwa itu lebih pantas untuk tidak membatalkan puasa.

Kedua:

Kami menasehati Anda agar tetap berada dalam pekerjaan itu -mengajar-, sebab pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling mulia dan paling penting. Pekerjaan ini juga harus dibarengi kepedulian terhadap ilmu, pengajaran, dan pengorbanan dengan tujuan untuk membangkitkan sekolah-sekolah dan kampus-kampus kita menuju tingkat yang teratas dan tujuan yang tertinggi.

Berusahalah untuk melewati setiap masalah yang menimpa Anda dalam menjalankan pekerjaan ini dengan bijaksana, tenang, dan berkonsultasi kepada orang yang berpengalaman dari kalangan guru sendiri.

Semoga Allah memberi taufik kepada kami dan Anda di dunia, serta kesuksesan di akhirat.

Wallaahu a’lam

Link : https://islamqa.info/ar/108926