Bolehkah Shalat Witir 2 Kali Dalam Satu Malam?

0
37

Soal:

Saya ingin bertanya tentang shalat tarawih, di akhir shalat tarawih kita shalat dua rakaat lalu witir. Dan saya pernah mendengar bahwa penutup shalat malam harus dengan witir. Apakah hal itu berarti, jika kita shalat di malam hari, mengulanginya kembali yaitu shalat dua rakaat lalu witir, atau saya menundanya hingga malam, kemudian shalat…?

Jawaban:

Apabila seorang muslim shalat witir, kemudian ia di pertengahan malamnya, ia ingin mengerjakan shalat lagi, hendaknya ia shalat dua rakaat, dua rakaat, dan tidak perlu mengulang shalat witir lagi. Hal ini berdasarkan perintah Nabi –Shallallahu ‘alaihi wasallam– agar menjadikan witir sebagai penutup shalat malam, perintah ini bersifat anjuran (sunnah) bukan wajib.

Syekh Ibnu Baz pernah ditanya:

“Apabila saya shalat witir di awal malam, kemudian di akhir malam saya bangun, bagaimana tata cara shalatnya?”

Beliau Menjawab:

“Jika Anda shalat witir di awal malam, kemudian Allah memudahkan Anda untuk bangun di akhir malam, maka shalatlah semampu Anda dua rakaat, dua rakaat, tanpa di tutup witir, sebagaimana disebutkan oleh Nabi –Shallallahu ‘alaihi wasallam– dalam sabdanya,

لَا وِتْرَانِ فِي لَيْلَةٍ

“Tidak ada dua witir dalam satu malam.”

Serta berdasarkan hadits dari Aisyh –Radhiyallahu ‘anha-, bahwasanya Nabi –Shallallahu ‘alaihi wasallam– shalat dua rakaat setelah witir sambil duduk, hikmah dari perbuatan beliau tersebut ialah –wallahu a’lam– menjelaskan kepada umat bahwa shalat setelah witir dibolehkan.” (Lih: Majmu’ Fatawa asy-Syaikh Ibn Baz, 11/311)

Wallahu a’lam.

 

Sumber: https://islamqa.info/ar/38400

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here