Hukum Puasa Seorang Non-Muslim

0
98

Pertanyaan:

Ada seorang wanita non muslim yang bertanya tentang kapan datangnya bulan Ramadan? Dan apakah mungkin bagi dirinya untuk menjalankan puasa bersama kaum muslimin?

Jawaban:

Perhatian Anda terhadap bulan Ramadan dan pertanyaan Anda akan waktu kedatangan bulan yang penuh berkah ini serta penantian Anda akan kehadirannya adalah sebuah hal yang sangat menarik. Sekaligus menunjukkan bahwa Anda terkesan dengan salah satu ibadah agung yang ada pada agama Islam dan dilakukan pada hari-hari bulan Ramadan, yakni ibadah puasa yang berarti “menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan suami istri (jima’) sejak terbit fajar hingga terbenam matahari”.

Berkaitan dengan waktu kedatangan bulan Ramadan, barangkali Anda sudah mengetahui bahwa waktu ibadah kami ditentukan oleh bukti indrawi kongkrit yang berupa bukti visual (ru’yat) dan bukan penanggalan (hisab), yang dilakukan dengan cara mengamati visibilitas bulan sabit (ru’yatul hilal) yang nampak pertama kali setelah terjadinya konjungsi (ijtima’).

Jadi, apabila kami atau salah seorang yang terpercaya di antara kami melihat bulan sabit (hilal) Ramadan, maka wajib bagi seluruh umat Islam untuk mulai berpuasa. Dan ketika kami melihat hilal bulan Syawal (bulan setelah Ramadan), maka kami harus mengakhiri puasa karena bulan Ramadan sudah usai. Bulan Hijriyah sendiri biasanya berusia 29 atau 30 hari, tergantung dari proses pengamatan visibilitas bulan sabit (ru’yat al hilal).

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa puasa seseorang di bulan Ramadan tidak akan diterima oleh Allah kecuali orang tersebut telah masuk Islam dan meninggalkan agama lamanya, karena Islam adalah satu-satunya agama yang benar. Dan untuk bisa masuk ke dalam agama Islam, dia harus mengikrarkan dua kalimat syahadat, yakni bersaksi bahwa tiada Tuhan yang patut untuk disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Dan ketika orang tersebut sudah masuk Islam, berarti puasa yang dia jalankan sudah sah. Bahkan bukan hanya puasa saja, namun juga seluruh ibadah yang sudah Allah syariatkan juga menjadi sah.

Sebagai penutup, kami mengajak Anda wahai penanya yang senang dengan kebaikan untuk masuk Islam, sehingga Anda bisa mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan kami juga optimis jika Anda memutuskan untuk hidup di bawah naungan Islam, Anda akan mempunyai kehidupan yang bahagia, keyakinan yang kuat dan umur yang berkualitas

Semoga Allah menjaga dan memelihara Anda.

 

Sumber: https://islamqa.info/ar/756

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here