Hukum Wanita Haid yang Tidak Mengganti Puasanya Selama Bertahun-Tahun

  • 1 min read
  • May 15, 2018

Soal:

Ada seorang wanita yang berusia lima puluh tahun. Dahulu apabila ia haid pada bulan Ramadhan, ia tidak bepuasa pada hari-hari haidnya. Namun kemudian ia tidak mengqadha’ hari-hari (puasa) yang ditinggalkan, karena ketidaktahuannya terhadap kewajiban qadha’. Barulah sekarang ia mengetahui kewajiban mengqadha’ puasa, apa yang harus ia lakukan?

Jawaban:

Ia seharusnya mengqadha’ hari-hari (puasa) yang ia tinggalkan. Dan untuk lebih selamat, ia (menambahkan dengan) memberi makan satu orang miskin untuk setiap hari (yang ia tinggalkan).

Ia juga wajib memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya, disamping berpuasa sebagai pengganti hari-hari yang ia tidak berpuasa padanya dan memberi makan satu orang miskin setiap hari. Hal ini difatwakan oleh sebagian besar Sahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ukuran makanannya sebanyak setengah sha.

Kewajiban mengqadha’ tersebut tidak gugur karena perkataan orang-orang jahil kepadanya bahwa tidak ada kewajiban qadha’ atasnya.

Berkata ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ، وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ

Artinya:

“Kami diperintahkan untuk mengqadha’ puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqadha’ sholat. (Muttafaq ‘alaihi)

Apabila telah datang Ramadhan berikutnya sedangkan ia belum mengqadha’ puasanya maka ia telah berdosa, dan ia tetap wajib mengqadha’ puasanya, bertaubat, dan memberi makan orang miskin setiap hari jika dia mampu.

Apabila ia termasuk orang yang fakir, tidak bisa memberi makan, maka cukup baginya berpuasa serta bertaubat dan kewajiban memberi makan telah gugur darinya. Dan apabila ia tidak mengetahui jumlah hari yang ditinggalkan, maka dia harus memperkirakan (berapa hari yang ia tinggalkan), dan berpuasa sesuai dengan perkiraannya. Ini telah cukup baginya, berdasarkan firman Allah Ta’ala:

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

Artinya :

“Bertaqwalah kalian kepada Allah sesuai kemampuan kalian…”

 

Link : https://islamqa.info/ar/40695

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *