Melihat Hilal Di Negeri Kawasan Industri

  • 1 min read
  • May 14, 2018

Pertanyaan:

Masyarakat di sini percaya bahwa bukan hal yang mudah untuk dapat melihat munculnya hilal karena banyaknya pabrik, asap, dan bangunan. Bagaimana pendapat Anda tentang hal ini? Bagaimana ukuran hilal di awal munculnya?

Jawaban:

Tidak sulit melihat hilal ketika telah terbit. Jika bukan hal yang mudah melihatnya di sebagian tempat disebabkan oleh banyaknya asap, maka tidak sulit melihatnya di tempat lain yang lebih terang. Tidak peduli setinggi apapun asap dan bangunan, tetap tidak akan bisa menutupi hilal seperti mendung dan awan.

Lagi pula, Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah mengabarkan kepada kita bahwa ketika ada yang menghalangi kita untuk memandangnya, maka kita menyempurnakan bilangan bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari.

Jadi, apabila hilal dapat dilihat di sela-sela asap dan bangunan, maka wajib berpuasa karena melihatnya. Atau terlihat di tempat lain yang lebih terang, maka berpuasa kerena melihatnya. Atau jika terhalang dari pandangan dan kita tidak dapat melihatnya, maka kita menyempurnakan bilangan bulan Sya’ban tiga puluh hari.

Ukuran hilal di awal munculnya sangat kecil, tidak dapat dilihat kecuali orang yang pandangannya tajam. Wallahu alam.

 

Sumber: https://islamqa.info/ar/37743