Menderita Sakit Kepala Berat Di Bulan Ramadhan

0
74

Pertanyaan:

Saya menderita sakit kepala yang sangat berat di kepala saya pada bulan Ramadhan yang diawali dari sakit gigi. Bolehkah saya minum obat kapsul sedang saya dalam keadaan puasa?

Jawaban:

Sakit kepala berat pada bulan Ramadhan merupakan uzur yang menjadikan seseorang boleh membatalkan puasanya pada bulan Ramadhan. Apalagi jika puasa akan menambah parah sakit kepalanya. Tidak mengapa bagi seorang yang mengalami sakit kepala membatalkan puasanya untuk meminum obat, makan dan minum untuk menghilangkan sakit kepala itu, kemudian hendaklah ia mengqadha puasa yang ia tinggalkan setelah bulan Ramadhan. Hal ini berdasarkan firman Allah Azza wa Jalla:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain”. (QS. Al-Baqarah: 185)

Disebutkan dalam kitab al-Jauharatu al-Nabirah (1/142):

“Sakit yang membolehkan seseorang membatalkan puasa adalah jika demam seseorang bertambah parah ketika seseorang berpuasa, atau kedua matanya sakit atau ia merasa sakit kepala.”

Wallahu a’lam.

 

Sumber: https://islamqa.info/ar/108414

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here