WAJIBKAH MEMBASUH BAGIAN DALAM MATA SAAT BERWUDHU?

0
188

Soal:

Saat berwudhu, apakah saya harus membasuh bagian dalam kedua mata dengan air?

 

Jawaban:

Tidak disyariatkan membasuh bagian dalam kedua saat berwudhu atau mandi junub. Bahkan melakukan hal itu justru menyebabkan mudharat bagi kedua mata.

Al-Imam al-Syafi’i rahimahullah mengatakan terkait firman Allah Ta’ala (yang artinya): “Apabila kalian hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku”:

“Maka saya tidak mengetahui ada (ulama) yang menyelisihi bahwa (bagian) wajah yang harus dibasuh dalam wudhu adalah bagian yang tampak, bukan yang tertutupi, dan bahwa seseorang tidak wajib membasuh kedua matanya ataupun memercikkan air padanya.” (Lih: al-Umm, 1/40)

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata:

“Sebagian ulama kami menyebutkan bahwa salah satu sunnah dalam berwudhu adalah membasuh bagian dalam kedua mata. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar bahwa beliau menjadi buta karena terlalu banyak memasukkan air dalam kedua matanya. Al-Qadhy mengatakan: ‘Hal itu hanya dianjurkan pada saat mandi. Itu ditegaskan oleh (Imam) Ahmad dalam beberapa tempat/kesempatan; itu karena mandi junub sifatnya lebih dalam, karena ia meliputi seluruh tubuh dan bagian-bagian dalam rambut yang lebat pun dibasuh, begitu pula dalam kedua kelopak mata dan semacamnya. Dan bagian dalam mata juga termasuk bagian tubuh yang memungkinkan untuk dibasuh, sehingga jikapun ia tidak wajib, maka setidaknya ia sesuatu yang dianjurkan.

Namun pendapat yang shahih adalah bahwa hal ini tidak disunnahkan dalam berwudhu maupun mandi junub, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukannya, juga tidak memerintahkannya. Lalu di dalamnya ada mudharat. Sedangkan apa diriwayatkan dari Ibnu Umar, maka itu dalil yang menunjukkan kemakruhannya, karena menyebabkan hilangnya penglihatan beliau. Dan melakukan sesuatu yang dikhawatirkan dapat menghilangkan penglihatan atau menguranginya tanpa ada anjuran Syariat untuk melakukannya: jika tidak haram, maka sekurang-kurangnya dimakruhkan.” (Lih: al-Mughni, 1/77)

Atas dasar itu: maka cukup bagi Anda membasuh wajah tanpa memasukkan air ke dalam kedua mata.

Wallahu a’lam.

 

Sumber: https://islamqa.info/ar/195879

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here